Research Repository

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Missouri Mathematics Project (MMP) Berbasis Kontekstual Pada Sub Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Untuk SMP Muhammadiyah 03 Medan T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Kartika, Dewi
dc.date.accessioned 2020-11-11T01:21:37Z
dc.date.available 2020-11-11T01:21:37Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10016
dc.description.abstract Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah perangkat pembelajaran matematika model Missouri Mathematics Project (MMP) berbasis kontekstual pada sub pokok bahasan Aritmatika Sosial untuk SMP kelas VII yang sesuai dengan kurikulum 2013 sudah dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk : Mengembangkan perangkat pembelajaran matematika model Missouri Mathematics Project (MMP) bebasis kontekstual pada sub pokok bahasan Aritmatika Sosial untuk SMP kelas VII sesuai dengan kurikulum 2013. Jenis penelitian yang dilakukan adalah pengembangan. Instrumen yang digunakan adalah berupa RPP, LKPD, Bahan Ajar, Media dan Tes Hasil Belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 03 Medan terdiri dari 1 kelas kecil berjumlah 10 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dikelas VII karena sesuai dengan materi pembelajaran yaitu Aritmatika Sosial. Pada penelitian ini akan dikembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP, LKPD, Bahan Ajar, Media dan Tes Hasil Belajar (THB) yang kemudian akan di validkan kepada lima validator yaitu dua orang dosen matematika dan tiga orang guru mata pelajaran matematika. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa RPP, LKPD, Bahan Ajar, Media dan Tes Hasil Belajar (THB) dengan Model Missouri Mathematics Project (MMP) berbasis kontekstual pada sub pokok bahasan Aritmatika Sosial untuk SMP kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian guru matematika dosen matematika perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat baik dengan rata-rata skor 4,65 untuk RPP, 4,66 untuk Bahan Ajar, 4,68 untuk LKPD, 4,52 untuk Media dan 4,68 untuk THB. Berdasarkan pada hasil Tes Hasil Belajar siswa dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki tingkat keefektifan yang sangat baik dengan persentase ketuntasan mencapai 90%. en_US
dc.subject Model Missouri Mathematics Project (MMP), Kontekstual, perangkat pembelajaran Aritmatika sosial en_US
dc.title Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Missouri Mathematics Project (MMP) Berbasis Kontekstual Pada Sub Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Untuk SMP Muhammadiyah 03 Medan T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account