Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah
perangkat pembelajaran matematika model Missouri Mathematics Project (MMP)
berbasis kontekstual pada sub pokok bahasan Aritmatika Sosial untuk SMP kelas
VII yang sesuai dengan kurikulum 2013 sudah dikembangkan. Penelitian ini
bertujuan untuk : Mengembangkan perangkat pembelajaran matematika model
Missouri Mathematics Project (MMP) bebasis kontekstual pada sub pokok
bahasan Aritmatika Sosial untuk SMP kelas VII sesuai dengan kurikulum 2013.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah pengembangan. Instrumen yang digunakan
adalah berupa RPP, LKPD, Bahan Ajar, Media dan Tes Hasil Belajar. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 03 Medan
terdiri dari 1 kelas kecil berjumlah 10 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dikelas
VII karena sesuai dengan materi pembelajaran yaitu Aritmatika Sosial. Pada
penelitian ini akan dikembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP, LKPD,
Bahan Ajar, Media dan Tes Hasil Belajar (THB) yang kemudian akan di validkan
kepada lima validator yaitu dua orang dosen matematika dan tiga orang guru mata
pelajaran matematika.
Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa RPP,
LKPD, Bahan Ajar, Media dan Tes Hasil Belajar (THB) dengan Model Missouri
Mathematics Project (MMP) berbasis kontekstual pada sub pokok bahasan
Aritmatika Sosial untuk SMP kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
berdasarkan penilaian guru matematika dosen matematika perangkat pembelajaran
yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat baik dengan rata-rata skor 4,65
untuk RPP, 4,66 untuk Bahan Ajar, 4,68 untuk LKPD, 4,52 untuk Media dan 4,68
untuk THB. Berdasarkan pada hasil Tes Hasil Belajar siswa dapat disimpulkan
bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki tingkat keefektifan
yang sangat baik dengan persentase ketuntasan mencapai 90%.