Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika
dengan menggunakan metode montessori pada materi aritmatika sosial siswa
kelas VII MTs Islamiyah Medan Tahun Pelajaran 2017 /2018. Jenis penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
VII – 1 MTs Islamiyah Medan yang berjumlah 25 orang. Objek dalam penelitian
ini adalah Efektifitas Metode Montessori Dalam Meningkatkan Pemahaman
Konsep Matematika Pada Siswa MTs Islamiyah Medan T.P 2017/2018.Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes.
Pengamatan digunakan untuk memperoleh hasil observasi pemahaman konsep
matematika siswa dan tes digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman
konsep serta keterlaksanaan proses pembelajaran materi Aritmatika sosial
menggunakan Metode Mntessori. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis observasi, analisis ketuntasan belajar dan analisis
ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pemahaman
konsep matematika menggunakan Metode Montessori pada materi aritmatika
sosial siswa kelasVII MTs Islamiyah Medan T.P 2017/2018. Peningkatan yang
terjadi yaitu, (1) pada tahap awal rata-rata observasi pemahaman konsep sebesar
61,8 dan persentase pemahaman konsep matematika sebesar 32% , (2) pada siklus
I rata-rata observasi pemahaman konsep sebesar 69 dan persentase pemahaman
konsep matematika sebesar 52 % , (3) pada siklus II rata-rata observasi
pemahaman konsep sebesar 81,6 dan persentase pemahaman konsep matematika
sebesar 88 %.