Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran matematika
berdasarkan kecerdasan interpersonal dan mengetahui peningkatan hasil belajar
siswa SMP setelah diterapkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
dengan menggunakan model pengembangan perangkat Dick & Carey. Objek
penelitian adalah perangkat pembelajaran matematika dan subjek uji coba adalah
siswa kelas VIII SMP Tunas Karya Batang kuis. Hasil penelitian yaitu: (1)
Pengembangan perangkat pembelajaran dengan cara mengidentifikasi tujuan
pembelajaran, menganalisis pembelajaran, mengalisis siswa, merumuskan tujuan
pembelajaran, menyusunan tes beracuan kriteria, mengembangkan strategi
pembelajaran, memilih media pembelajaran, mengembangkan perangkat
pembelajaran, dan melaksanakan validasi. (2) Kualitas perangkat pembelajaran
diperoleh berdasarkan hasil validasi para ahli yaitu RPP, LKPD, BAS, media
pembelajaran dan TBH yang memiliki kategori sangat baik. Untuk mengetahui
adanya peningkatan hasil belajar dengan perangkat pembelajaran matematika
berdasarkan kecerdasan interpersonal, peneliti melakukan pretest dan posttest
pada siswa kelas VIII SMP Tunas Karya Batang kuis. Berdasarkan analisis
dengan menggunakan uji T menghasilkan thitung 7,889 dan ttabel 1,729 yang artinya
thitung lebih besar dari ttabel. Hasilnya membuktikan bahwa ada perbedaan signifikan
terhadap bahan ajar dan media yang dikembangkan. Hal ini menujukkan bahwa
perangkat pembelajaran matematika berdasarkan kecerdasan interpersonal yang
telah dibuat mampu meningkatkan hasil belajar siswa