Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar
matematika peserta didik dan belum adanya pengembangan pembelajaran yang di
lakukan oleh guru, sehingga peserta didik kurang terlibat dalam pemecahan
sebuah masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat
pembelajaran yang berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD), Buku Siswa dan Media Pembelajaran berupa slide
powerpoint pada materi lingkaran dengan model pebelajaran probing prompting
untuk siswa SMP kelas VIII semester genap. Penelitian ini juga bertujuan untuk
mengetahui kualitas produk ditinjau dari aspek kevalidan. Jenis penelitian ini
adalah penelitian pengembangan yang mengacu model pengembangan Research
and Development (R&D). Research and Development adalah metode penelitian
yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan
produk tersebut. Objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran materi
lingkaran dengan model pembelajaran probing prompting untuk siswa SMP kelas
VIII. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar perangkat
pembelajaran untuk mengukur kevalidan perangkat pembelajaran, lembar
observasi pembelajaran dan angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan
perangkat pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran
berupa RPP, Buku Siswa, LKPD, dam Media Pembelajaran dengan model
probing prompting untuk siswa SMP kelas VIII. (1) Berdasarkan hasil validasi
RPP, diperoleh skor rata–rata 4,22 dari skor maksimal 4,80 dengan klafikasi
sangat baik. (2) Berdasarkan hasil validasi Buku Siswa, diperoleh skor rata-rata
4,26 dari skor rata-rata maksimal 4,60 dengan klasifikasi sangat baik. (3)
Berdasarkan hasil validasi LKPD, diperoleh skor rata-rata 4,30 dari skor rata-rata
maksimal 4,60 dengan klasifikasi sangat baik. (4) Berdasarkan hasil validasi
Media Pembelajaran, diperoleh skor rata-rata 4,34 dari skor rata-rata maksimal
4,60 dengan klasifikasi baik. (5) Berdasarkan hasil analisis penilaian THB
diperoleh skor rata-rata 4,38 dari skor rata-rata maksimal 4,60 dengan klasifikasi
sangat baik. (6) Berdasarkan hasil lembar observasi, diperoleh persentase 97,5%
dengan kriteria “Sangat Baik” dan hasil angket respon siswa diperoleh
keseluruhan “Sangat Setuju” dengan kriteria “Sangat Baik” sehingga perangkat
pembelajaran dapat dikatakan praktis