DSpace Repository

Analisis Saluran Pemasaran Ikan Di Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan (Study Kasus: Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, Medan)

Show simple item record

dc.contributor.author Siregar, Rizki Hotmatua
dc.date.accessioned 2020-11-10T07:58:51Z
dc.date.available 2020-11-10T07:58:51Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9902
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran ikan; biaya pemasaran, fisherman share dan margin pemasaran pada setiap saluran pemasaran, dan mengetahui efisiensi setiap saluran pemasaran ikan di daerah penelitian. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan dua cara. pengambilan sampel nelayan dilakukan dengan simple random sampling (secara acak), sedangkan untuk pedagang dilakukan dengan metode penelusuran. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bantuan tabulasi sederhana, rumus margin pemasaran, rumus price spread, rumus share margin dan rumus efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 5 saluran pemasaran ikan di daerah penelitian yang melibatkan nelayan, pedagang grosir, pedagang pengecer dan konsumen. Biaya pemasaran yang dikeluarkan lembaga pemasaran berbeda beda pada setiap salurannya. Saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran 2 yang mempunyai nilai efisiensi pemasaran 2,58 %. en_US
dc.subject Biaya en_US
dc.subject Efisiensi en_US
dc.title Analisis Saluran Pemasaran Ikan Di Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan (Study Kasus: Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, Medan) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account