Abstract:
Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode
Slovin sebuah rumus atau formula untuk menghitung jumlah sampel minimal
apabila dari sebuah populasi tidak diketahui secara pasti. Sampel yang diteliti
sebanyak 100 sampel konsumen yang membeli daging sapi potong. Metode
analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1 Secara simultan (serempak)
faktor pendapatan, faktor jumlah tanggungan, dan faktor harga barang substitusi
berpengaruh nyata terhadap permintaan daging sapi potong pada tingkat
kepercayaan 95%, Adapun faktor lainnya yaitu faktor harga, dan faktor usia tidak
berpengaruh secara nyata terhadap permintaan daging sapi potong pada tingkat
kepercayaan 95%, dan (2) Berdasarkan penelitian perilaku konsumen dapat dilihat
pada perameter kondisi daging sapi potong segar yaitu berwarna merah terang dan
lemaknya berwarna kekuningan mempunyai nilai rataan 2,93, dan warna daging
sapi potong yang berwarna merah terang dengan nilai rataan 2,92, sedangkan
untuk kualitas daging sapi potong dengan rataan 2,97 didasarkan atas kadar lemak
yang terkandung dalam daging sebanyak 10-30 %