dc.description.abstract |
Didalam perusahaan pasti tidak lepas dari karyawan karena karyawan selalu memiliki peran penting dalam keberlangsungan aktivitas perusahaan maka dari itu karyawan pastinya akan mendapat gaji dan upah sebagai imbalan atas pekerjaannya. Gaji dan upah adalah alat yang dapat mendorong karyawan untuk melaksanakan tugasnya dengan baik, sedangkan bagi karyawan gaji dan upah merupakan sumber penghasilan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya beserta keluarga. Penelitian ini dilakukan pada hotel Grand Inna Medan dengan tujuan untuk mengetahui dan memperoleh pengetahuan yang lebih luas mengenai sistem pengendalian intern penggajian dan pengupahan meliputi struktur organisasi, sistem otorisasi dan prosedur pencatatan, praktik yang sehat, dan karyawan yang sesuai mutunya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa sistem akuntansi penggajian dan pengupahan pada Hotel Grand Inna Medan dalam strukur organisasinya terdapat rangkap tugas antara karyawan pada hotel Grand Inna Medan, kemudian pada sistem otorisasi dan prosedur pencatatan terdapat dokumen pembayaran gaji tidak menggunakan stampel bukti pembayaran, Dan selain itu pada karyawan yang sesuai mutunya hotel Grand Inna Medan tidak menerapkan seleksi calon karyawan berdasarkan persyaratan yang dituntut oleh pekerjaannya, semua hal ini jelas bertentangan dengan teori dan semua ini dapat menyebabkan tidak terwujudnya tujuan dari sistem pengendalian intern yang semestinya sehingga dapat menyebabkan munculnya resiko. |
en_US |