DSpace Repository

Pola Komunikasi Keluarga Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak (Studi Deskriptif Kualitatif pada Keluarga Siswa Berprestasi di SMPN 1 P.Berandan)

Show simple item record

dc.contributor.author Hafiz, Muhammad Amriza
dc.date.accessioned 2020-03-01T06:16:09Z
dc.date.available 2020-03-01T06:16:09Z
dc.date.issued 2018-08-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/901
dc.description.abstract Keluarga merupakan sebuah institusi yang terbentuk karena ikatan perkawinan. Keluarga juga merupakan faktor yang memiliki pengaruh besar terhadap tingkat prestasi belajar anak, baik di bidang akademik dan non akademik. Melalui komunikasi keluarga, anak belajar mengembangkan kemampuan dan kreativitasnya serta menyimak nilai-nilai sosial. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pola komunikasi keluarga pada siswa berprestasi di Sekolah Menengah Pertama. Subjek penelitian adalah anak yang mendapatkan ranking 1, 2 dan 3. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu melalui proses reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi keluarga siswa berprestasi cenderung menunjukkan kombinasi authoritarian, permissive, dan authoritative, namun diantara ketiga pola komunikasi tersebut, orangtua cenderung menggunakan pola komunikasi authoritative yaitu meskipun memberikan kebebasan, tetapi orangtua tetap memberikan tanggung jawab pada anak. Dengan demikian pola komunikasi keluarga siswa berprestasi lebih cenderung pada pola komunikasi gabungan antara authoritative dengan permissive. en_US
dc.subject Pola komunikasi en_US
dc.subject Prestasi belajar en_US
dc.subject Anak en_US
dc.subject Keluarga en_US
dc.title Pola Komunikasi Keluarga Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak (Studi Deskriptif Kualitatif pada Keluarga Siswa Berprestasi di SMPN 1 P.Berandan) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account