dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik buah,
umur, pendidikan, jumlah tanggungan, pendapatan, dan jarak ke lokasi pasar yang
mempengaruhi permintaan konsumen membeli buah pada pasar modern di Kota
Binjai dan menganalisis pola permintaan konsumen terhadap buah pada pasar
modern di Kota Binjai. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini
adalah analisis regresi linier berganda dan metode analisis deskriptif. Penentuan
daerah penelitian dilakukan secara purposive. Teknik pengambilan sampel dengan
metode accidental sampling dengan jumlah sampel 33 konsumen. Penelitian ini
dilakukan pada bulan September tahun 2018. Hasil dari penelitian menunjukkan
bahwa konsumen buah pada Pasar Modern di Kota Binjai memiliki karakteristik
sosial ekonomi yang berbeda-beda. Karakteristik sosial ekonomi (karakteristik
buah, umur, pendidikan, jumlah tanggungan pendapatan dan jarak ke lokasi pasar)
secara serempak berpengaruh nyata terhadap jumlah permintaan buah. Secara
parsial variabel umur, pendidikan, jumlah tanggungan, dan pendapatan
berpengaruh nyata terhadap jumlah permintaan buah, sedangkan variabel
karakteristik buah dan jarak ke lokasi pasar tidak berpengaruh nyata terhadap
jumlah permintaan buah. Pola permintaan konsumen buah pada pasar modern di
Kota Binjai tergambar sebagai berikut: Masayarakat di Kota Binjai lebih
cenderung membeli buah-buahan yang manis. Terbukti dengan pembeli buah
kelengkeng sebanyak 27,27% lalu diikuti dengan buah yang sedikit asam seperti
buah anggur sebanyak 15,15%, buah pir sebanyak 12,12%, buah mangga
sebanyak 9,08%, buah apel sebanyak 6,06%, buah jeruk, kiwi dan naga masingmasing
sebanyak 6,06%. Lalu permintaan buah yang paling sedikit adalah buah
alpukat dan buah lemon yang masing-masing hanya 3,03% saja. |
en_US |