Abstract:
Keberadaan Air Conditioner (AC) mobil sudah tidak asing lagi bagi pemakai
kendaraan pribadi di Indonesia karena kondisi iklim tropis umumnya
bertemperatur tinggi (rata-rata 30°C) serta kelembaban tinggi (rata-rata 75%) dan
kondisi udara tropis ini memberikan rasa tidak nyaman bagi penumpang mobil,
terlebih di daerah perkotaan dengan tingkat hunian serta polusi yang tinggi. Salah
satu kinerja AC Mobil sangat bergantung pada kompresor. Oleh karena itu,
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara putaran (Rpm)
kompresor dengan kinerja (COP) AC Mobil dan untuk mendapatkan nilai torsi,
daya kompresor terhadap kinerja AC Mobil. Pengujian dilakukan di Laboratorium
Prestasi Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan variasi putaran berdasarkan
Rpm yang berbeda-beda yakni 1254 Rpm, 1034 Rpm dan 569 Rpm. Hasilnya
diperoleh nilai COP sebesar 0,77, 1,21 dan 2,32 dapat disimpulkan bahwa
semakin kecil putaran kompresor yang digunakan maka COP sistem akan semakin
besar. Begitu juga dengan pengambilan data pada kerja kompresor dengan variasi
putaran kompresor yang sama didapat nilai sebesar 32,6 kJ/kg, 37,17 kJ/kg dan
29,76 kJ/kg dapat disimpulkan bahwa semakin kecil atau besar putaran kompresor
maka nilai kerja kompresor selalu mengalami perubahan, bila dilihat dari nilai
kapasitas pendingin yang didapat adalah 25,02 kW, 44,9 kW dan 69,23 kW.