dc.description.abstract |
Etika adalah berasal dari bahasa Yunani adalah Ethos, yang berarti watak kesusilaan atau
adat kebiasaan (custom). Etika biasanya berkaitan erat dengan perkataan moral yang
merupakan istilah dari bahasa latin, yaitu MOS dan dalam bentuk jamaknya MORES,
yang berarti juga adat kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan
yang baik (kesusilaan), dan menghindari hal-hal tindakan yang buruk. Etika adalah ilmu
yang mempelajari segala soal kebaikan dan keburukan di dalam hidup manusia
semuanya, teristimewa yang mengenai gerak – gerik pikiran dan rasa yang dapat
merupakan pertimbangan dan perasaan, sampai mengenai tujuan yang dapat merupakan
perbuatan. Komunikasi atau communication dalam bahasa inggris berasal dari bahasa
latin communis yang artinya sama, communicatio atau communicare yang berarti
membuat sama (to make common). Komunikasi menyatakan bahwa suatu pikiran, suatu
makna, atau suatu pesan dianut secara sama. Komunikasi adalah merupakan aktivitas
dasar manusia, karena manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa lepas dari
komunikasi, karena dengan berkomunikasi manusia dapat saling berinteraksi atau
berhubungan satu sama lainnya baik dalam kehidupan sehari-hari, dirumah, pasar atau
dimana tempat mereka berinteraksi. Customer Service adalah merupakan suatu bagian
dari unit organisasi yang berada digaris depan (front office) yang berfungsi sebagai
sumber informasi dan perantara bagi Mall dan Pengunjung dalam menikmati produk dan
jasa-jasa pelayanan yang di tawarkan Mall. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Etika
Komunikasi Customer Service Dalam Menjaga Citra Positif Plaza Medan Fair”. Teori
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: Etika, Etika Komunikasi, Etika Karyawan,
Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Public Relations, Pelayanan, pelayanan baik,
Customer Service, Citra. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan
analisis kualitatif, maka pengujianya dilakukan dengan uji non statistik, yaitu pengujian
yang dimulai dari tahap pengumpulan data melalui prosorang pengunjunges wawancara,
reduksi data, kemudian penyajian data yang dianalisis peneliti sampai pada tahap
penarikan kesimpulan/verivikasi. Peneliti menetapkan 5 (lima) orang narasumber yang
terdiri dari HRD Kantor Manajement Plaza Medan Fair dan 1 (satu) orang Customer
Service dan 3 (tiga) orang pengunjung yang dianggap peneliti dapat memenuhi
kebutuhan dari penelitian ini berupa informasi atau gambaran yang jelas sehingga hasil
penelitian ini sesuai dengan harapan peneliti. Dari hasil penelitian diperoleh data bahawa
Etika Komunikasi Customer Service Plaza Medan Fair sangat baik dan efektif sehingga
citra dan image Plaza Medan Fair baik dimata masyarakat Kota Medan. Dan menjadikan
salah satu Mall terbaik dan terbesar di Kota Medan. |
en_US |