Abstract:
Berbelanja online telah menjadi gaya hidup sebagian masyarakat Indonesia,
bukan hanya menjadi alternatif dalam membeli barang. Menurut Brand &
Marketing Institute (BMI), pada Desember 2014 dilakukan riset terhadap
fenomena berbelanja online yang mengungkapkan bahwa berbelanja online bukan
hanya kegemaran para wanita saja. Tetapi sesusai hasil riset, wanita memang
menempati urutan pertama dalam kegemarannya berbelanja online yaitu dengan
persentase sebesar 57%. Namun, kaum pria yang membeli barang online melalui
e-commerce juga tidak berbeda jauh yaitu dengan persentase sebesar 43%. Hal ini
menunjukkan bahwa kegemaran berbelanja online antara pria dan wanita telah
menjadi sebuah gaya hidup pada saat ini.Berrybenka adalah salah satu situs
belanja online fashion dan kecantikan ternama di Indonesia. Berrybenka
menyediakan produk berkualiatas terbaik untuk wanita dan pria, bervariasi dari
mulai pakaian, aksesoris, sepatu, tas, produk olahraga dan kecantikan. Tujuan
dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh marketing public
relations terhadap loyalitas pelanggan di berrybenka store. Teori yang digunakan
adalah teori Used and Gratification dan menggunakan unsur komunikasi feedback
dan effect. Responden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Metode penelitian
yang digunakan adalah metode korelasional. Data yang diperoleh melalui
penyebaran kuesioner, selanjutnya di analisis dengan menggunakan perhitungan
SPSS 16.