DSpace Repository

Model Komunikasi Persuasif Pendidik Dalam Proses Belajar Mengajar Anak Autis Di Pondok Peduli Autis Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Nst, Diah Alawiah
dc.date.accessioned 2020-11-04T04:31:39Z
dc.date.available 2020-11-04T04:31:39Z
dc.date.issued 2019-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7410
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model komunikasi persuasif pendidik dalam proses belajar mengajar anak autis. Teori yang digunakan yaitu komunikasi persuasif yang bertujuan untuk mengubah kepercayaan, sikap, dan perilaku seseorang sehingga bertindak sesuai dengan yang diharapkan oleh komunikator. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berdasarkan riset lapangan (field research), serta yang menjadi informan penelitian ini sebanyak empat (4) orang, dua merupakan pendidik dikelas SD, dan dua lainnya merupakan pendidik dikelas terapi. Pengumpulan data digunakan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mendiskripsikan komunikasi persuasif pendidik dalam proses belajar mengajar anak autis dan hambatan yang dihadapi pendidik dalam membimbing anak autis dalam proses belajar mengajar. Autis bukanlah suatu penyakit fisik tetapi merupakan sindroma (kumpulan gejala) dimana terjadi penyimpangan perkembangan sosial, kemampuan berbahasa, dan kepedulian terhadap sekitar sehingga anak autis hidup dalam dunianya sendiri. Disinilah guru dituntut untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran anak berkebutuhan khusus membutuhkan sesuatu pola tersendiri sesuai dengan kebutuhannya masing-masing, yang berbeda antara satu dengan lainnya. Dalam belajar ada beberapa jenis-jenis belajar, yaitu belajar arti kata-kata, belajar menghafal, belajar berpikir, belajar keterampilan motorik. Dan dalam proses aktivitas belajar ada beberapa kegiatan atau aktivitasnya, yaitu mendengarkan, membaca dan menulis, komunikasi interpersonal diantaranya komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal. Hambatan yang dihadapi pendidik dalam membimbing anak autis dalam proses belajar mengajar yaitu dimensi proses yang ketidakmampuan menerima informasi, dimensi produk yaitu kesulitan dalam belajar, dimensi akademik yaitu kesulitan dalam mengikuti pelajaran dan pemahaman en_US
dc.subject Komunikasi Persuasif Pendidik en_US
dc.subject Komunikasi Persuasif Pendidik, en_US
dc.title Model Komunikasi Persuasif Pendidik Dalam Proses Belajar Mengajar Anak Autis Di Pondok Peduli Autis Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account