Abstract:
Account Officer adalah orang yang bertugas mencari nasabah yang layak sesuai
kriteria peraturan bank. Account officer merupakan ujung tombak bank dalam
memasarkan produknya, oleh karena itu seorang Account officer harus memiliki
kecakapan menjual
(salesmanship) yang memadai untuk memasarkan produk yang
ditawarkan. Dengan adanya Account officer yang berkualitas hal ini akan memberikan
dampak positif terhadap perbankan. Begitu pun sebaliknya, jika perbankan memiliki
Account officer yang kualitasnya dibawah standar akan mempengaruhi tingkat kepuasan
nasabah dan jumlah nasabah tidak akan mengalami peningkatan sehingga hal ini akan
berdampak buruk bagi perbankan.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis peran dan strategi Account
officer dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan pada PT. BPRS Puduarta
Insani Tembung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Metode
yang tidak berbentuk angka yang diperoleh dari rekaman, pengamatan, wawancara atau
bahan tertulis. Metode pengumpulan data yaitu studi pustaka, wawancara dan observasi
dan menggunakan data primer dan sekunder.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa
peran Account Officer sangat berpengaruh dalam meningkatkan jumlah nasabah
pembiayaan PT.BPRS Puduarta Insani Tembung, adapun yang menjadi acuan Account
Officer dalam memberikan pelayanan kepada nasabah dengan cara membuktikan secara
langsung, mempunyai kehandalan dalam bercakap, menanggapi masalah nasabah
dengan cepat dan tepat, sopan santun dan menunjukkan rasa empati yang tinggi.