Abstract:
Pariwisata merupakan salah satu sektor yang diandalkan pemerintah untuk
memperoleh devisa. Indonesia mempunyai potensi besar untuk menjadi kawasan
tujuan wisata dunia. Salah satunya Kota Tanjung Pura yang merupakan salah satu
daerah yang memiliki potensi pariwisata yang cukup menarik. Salah satunya tempat
wisata religi Masjid Azizi Langkat saat ini yang banyak digemari oleh wisatawan,
karena selain sebagai tempat pariwisata dan merefresh pikiran, pengunjung juga dapat
memperoleh pengetahuan. Uraian teoritis dalam penelitian ini adalah komunikasi,
komunikasi pemasaran, pariwisata, wisata religi, teori AIDDA. Pengetahuan ini
bertujuan untuk mengetahui komunikasi wisata religi masjid azizi langkat untuk
menarik minat berkunjung wisatawan oleh pemerintah kabupaten langkat. Manfaat
penelitian ini Sebagai salah satu bahan informasi atau bahan kajian untuk menambah
pengetahuan dalam bidang komunikasi pemasaran. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian deskriptif kualitatif yang berarti peneliti sudah mempunyai konsep
dan kerangka konseptual. Penelitian dengan pendekatan kualitatif menekankan
analisis proses dari proses berpikir secara induktif yang berkaitan dengan dinamika
hubungan antar fenomena yang di amati, dan senantiasa menggunakan logika ilmiah.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat deskripsi secara sistematis, faktual dan akurat
tentang fakta-fakta dan sifat populasi atau objek tertentu. Penelitian ini
menggambarkan objek penelitian melalui wawancara mendalam terhadap informan
atau narasumber. Narasumber dalam penelitian ini adalah 2 orang Staff Dinas
Pariwisata Langkat dan 2 orang wisatawan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
dinas pariwisata langkat mensosialisasikan tempat pariwisata di langkat dengan
media booklet dan baliho yang akan di pasang di dekat Bandar udara kuala namu. Hal
ini juga cukup efektif dalam membantu promosi karena merupakan salah satu alat
promosi guna meningkatkan pengunjung datang