dc.description.abstract |
Penelitian dengan judul Strategi Komunikasi Guru dalam meningkatkan
semangat belajar Siswa di MIS Aisyiyah Percut Sei Tuan ini dilakukan dengan
tujuan untuk menjawab permasalahan kurangnya fokus siswa saat kegiatan belajar
mengajar berlangsung dan juga untuk menemukan strategi komunikasi apa yang
dilakukan guru dalam meningkatkan semangat belajar siswa. Objek penelitian
adalah siswa/siswi kelas II MIS Aisyiyah Percut Sei Tuan semester dua Tahun
Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini telah dilakukan kurang lebih 3 bulan
terhitung dari bulan Januari 2019 hingga bulan Maret 2019. Narasumber dalam
penelitian ini terdiri dari 6 orang, satu orang diantaranya merupakan guru bahasa
Arab, satu orang merupakan guru bahasa Inggris, dan empat orang siswa dari
kelas II A dan II B MIS Aisyiyah Percut Sei Tuan. Teknik pengumpulan data
pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan
tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari
penelitian ini adalah bahwa RPP yang menjadi rujukan pembelajaran tidak
digunakan sepenuhnya. Siswa lebih menyenangi mata pelajaran Bahasa Inggis
dibandingkan Bahasa Arab. strategi yang digunakan masih sangat terbatas ada
beberapa strategi yang lebih efektif tidak digunakan oleh guru seperti, Tanya
jawab dan juga percakapan siswa dengan teman sekelasnya menggunakan Bahasa
Inggris atau Bahasa Arab, karena siswa akan lebih mudah ingat jika dipraktekan
secara langsung. Strategi komunikasi yang digunakan oleh guru MIS Aisyiyah
Percut Sei Tuan dalam pembelajaran merupakan komunikasi antar pribadi dan
komunikasi kelompok. |
en_US |