Abstract:
Latar belakang: Pelayanan kesehatan pada era Jaminan Kesehatan Nasional
(JKN) dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang sesuai dengan harapan
pasien. Puskesmas dalam alur pelayanan kesehatan merupakan ujung tombak
pelayanan kesehatan primer sebelum pasien mendapatkan rujukan ke pelayanan
tingkat lanjutan. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan peserta
BPJS terhadap pelayanan diabetes melitus di Puskesmas Medan Teladan. Metode
Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan kuesioner
terhadap 100 responden. Teknik analisa data menggunakan statistik deskriftif dan
metode Customer satisfaction index (CSI). Hasil Penelitian : Berdasarkan
metode Customer satisfaction index (CSI) didapatkan bahwa tingkat kepuasan
peserta BPJS dalam tiap dimensi kehandalan 57%, daya tanggap 57%, jaminan
56%, penampilan 59,25%, dan empati 61,50%. Kesimpulan : Kepuasan pasien
pada pelayanan diabetes melitus di Puskesmas Medan Teladan (58,75%), skor ini
dengan metode CSI termasuk dalam kategori puas. Namun, berdasarkan standart
BPJS termasuk kategori tidak puas.