Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari faktor-faktor kesesuaian harga, jenis buah, kesegaran, kualitas dan pelayanan terhadap perilaku konsumen dalam pembelian buah-buahan serta untuk mengetahui hubungan kepuasaan konsumen dengan loyalitas konsumen dalam pembelian buah-buahan. Metode analisis data penelitian ini dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik yang berupa uji multikolineritas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas, uji serempak (uji F) dan uji parsial (Uji t) dan untuk rumusan masalah kedua menggunakan korelasi rank spearman.Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa : Pada Transmart Carrefour Plaza Medan Fair diperoleh hasil F hitung 6,230 atau sig 0,003, artinyasecara simultan Kesesuaian Harga (X1), Jenis Buah (X2), Kesegaran (X3), Kualitas (X4), dan Pelayanan (X5) berpengaruh nyata terhadap pembelian buah-buahan. Untuk Brastagi Supermarket Medan diperoleh F hitung 9,472 atau sig 0,000, artinya secara simultan Kesesuaian Harga (X1), Jenis Buah (X2), Kesegaran (X3), Kualitas (X4), dan Pelayanan (X5) berpengaruh nyata terhadap pembelian buah-buahan. Kedua, Transmart Carrefour Plaza Medan Fair diperoleh hasil bahwa kepuasaan konsumen mempunyai hubungan yang signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai sig 0,003 < 0,005 dan untuk Brastagi Supermarket Medan diperoleh hasil bahwa kepuasaan konsumen mempunyai hubungan yang signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai sig 0,000 < 0,005.