Abstract:
Penelitianinidilakukandengantujuanuntukmengetahuibesarnyakeuntungan,marginpemasarandanefisiensipemasaranjagungmanisdiDesaJatiKesumaKecamatanNamorambeKabupatenDeliSerdang.Metodeanalisisdatakeuntunganusahatani yang di gunakan yaitu= TR–TC,Untukmenganalisismarginpemasaran,dan efisiensi pemasaran.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwaRata-rata totalpenerimaanyang di dapat oleh petani sebesar Rp. 14.985.416,67 dengan rata-ratapengeluaran untuk biaya produksi yang dikeluarkan sebesar Rp. 4.110.066,-sehingga petani jagung manis mendapatkan pendapatan rata-rata yaitu sebesarRp.10.095.482,67,-Permusimpanen.Dari penelitian tersebut diketahui bahwa ada 2saluran pemasaran yang terjadi. Yang pertama yaitu Petani→PedagangPengumpul→Pedagang Besar→Pedagang Pengecer→Konsumen. Yang keduayaitu Petani→Pedagang Besar→Pedagang Pengecer→Konsumen.margin yangditerimayaitu sebesar 576,92 untuk pedagang pengumpul, 769,23 untuk pedagangbesar, dan4.500untuk pedagang pengecer dan pada saluran pemasaran II marginditerima yaitu sebesar 530,77 untuk pedagang besar, dan5.300untuk pedagangpengecer. Sedangkan untuk farmer’s share didapat nilai pada saluran pemasaranyang pertama yaitu sebesar 35,71% sedangkan untuk saluran pemasaran yangkedua didapat sebesar 33,75%.Jika EP <33% maka sistem pemasaran jagungmanis dinilai efisien. Dan persentase yang paling rendah terdapat pada saluranpemasaran yang kedua dengan nilai persentase sebesar 7,57% dan dinyatakanyang paling efisien.