dc.description.abstract |
Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap nilai keberhasilan
perusahaan yang terkait erat dengan harga sahamnya. Penelitian ini bertujuan
untuk menguji dan menganalisis pengaruh Leverage, Profitabilitas dan Ukuran
Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Otomotif yang Terdaftar
di Bursa Efek Indonesia. Tujuan perusahaan yang utama adalah memperhatikan
kesejahteraan pemilik perusahaan dengan cara mengoptimalkan nilai perusahaan.
Nilai perusahaan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi calon investor yang
ingin menginvestasikan dana pada perusahaan
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatn asosiatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 12 sedangkan sampel
yang diambil menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria
yang diambil berjumlah 10 perusahaan otomotif. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan
metode analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan
koefisien determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan
software SPSS (Statistic Package for The Social Science) for Windows versi
25.00.
Hasil penlitian ini membuktikan bahwa leverage tidak berpengaruh
terhadap nilai perusahaan pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia tahun 2015-2017, profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai
perusahaan pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia
tahun 2015-2017, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai
perusahaan pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia
tahun 2015-201. Leverage, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan tidak
berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan otomotif yang terdaftar di
Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2017. |
en_US |