Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel
Ukuran Perusahaan, Solvabilitas, Profitabilitas dan Pertumbuhan Penjualan
terhadap Pertumbuhan Laba baik secara parsial maupun simultan pada perusahaan
keramik dan porselin yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2017.
Tujuan akhir yang ingin di capai oleh perusahaan adalah untuk mempertahankan
kelangsungan hidup perusahaan. Untuk mengukur pertumbuhan laba suatu
perusahaan dapat diukur melalui perubahan laba ditahan , keselarasan keputusan
investasi dan pembiayaan. Kondisi suatu perusahaan dapat dilihat dari
pertumbuhan laba yang baik, apabila perusahaan memiliki pertumbuhan laba yang
baik maka perusahaan tersebut juga akan dapat bertahan dengan baik. Pendekatan
yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
perusahaan keramik dan porselin yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode
2014-2017. Sampel diambil menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh
6 perusahaan sebagai sampel. Data menggunakan metode analisis regresi linear
berganda, uji asumsi klasik, uji-t (parsial), uji-F (simultan), dan koefisien
determinasi dengan menggunakan software SPSS 2019. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa secara simultan ada pengaruh Ukuran
Perusahaan, Solvabilitas, Profitabilitas dan Pertumbuhan Penjualan terhadap
Pertumbuhan Laba. Secara parsial ada pengaruh Ukuran Perusahaan terhadap
Pertumbuhan Laba dengan hubungan yang positif, ada pengaruh Solvabilitas
terhadap Pertumbuhan Laba dengan hubungan yang negatif, ada pengaruh
Profitabilitas terhadap Pertumbuhan Laba dengan hubungan yang positif dan ada
pengaruh Pertumbuhan Penjualan terhadap Pertumbuhan Laba dengan hubungan
yang positif pada perusahaan keramik dan porselin yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia periode 2014-2017.