Abstract:
Perkembangan usaha dalam bidang objek wisata saat ini sangat pesat,
sehingga menimbulkan persaingan untuk meraih wisatawan antara satu objek
wisata dengan satu objek wisata lainnya. Perubahan lingkungan bisnis yang
sangat pesat telah memaksa tempat wisata agar terus secara aktif dan kreatif
untuk mengembangkan lokasi wisata yang ada dan terus menerus melakukan
pembaharuan terkait strategi dalam memasarkannya. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui “Strategi Komunikasi Pemasaran Wisata Sawah Pematang
Johar Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan”. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah deskiptif kualitatif. Data diperoleh dari observasi,
wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis deskriptif,
yakni menjabarkan peristiwa - peristiwa yang diteliti. Dalam penelitian ini
narasumber berjumlah 5 orang yaitu pemilik sawah, petugas sawah, hingga
wisatawan. Lokasi penelitian di kampung wisata sawah pematang johar kabupaten
deli serdang. Hasil dari penelitian ini yaitu pemerintah desa dalam melaksanakan
strategi komunikasi pemasaran dalam menarik wisatawan meliputi tiga kegiatan
antara lain kegiatan promotion ialah melalui media social berupa facebook,
instagram, youtube, siaran televisi MU, maupun dari mulut ke mulut. Kegiatan
kedua berupa Place berupa tempat yang nyaman, asri, dan alami. Kegiatan ketiga
Price berupa harga tiket masuk yang sangat terjangkau