dc.description.abstract |
Didalam dunia bisnis strategi komunikasi bisnis dan pemasaran sangatlah
penting dalam tahap pembentukan kesadaran dan pemahaman konsumen. Dengan
demikian suatu perusahaan membutuhkan suatu perencanaan strategi yang tepat
agar dapat di terima dengan mudah oleh masyarakat. Strategi yang dilakukan pun
dapat beraneka ragam, seperti menawarkan suatu produk yang memiliki kelebihan
dari produk lainnya dan memiliki harga yang terjangkau. Dunia bisnis pada saat
ini sangatlah banyak, salah satunya adalah usaha menawarkan jasa seperti Rumah
Aqiqah Al-Hafiz. Rumah Aqiqah Al-Hafiz merupakan pengusaha peternakan
yang bergerak dibidang jasa pelayanan aqiqah dan kurban. Berdasarkan latar
belakang diatas, maka rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi
komunikasi bisnis dan Pemasaran Rumah Aqiqah AL-Hafiz dalam memasarkan
hewan aqiqah di Medan?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
deskriptif kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi
komunikasi bisnis yang dilakukan rumah Aqiqah Al-Hafiz dalam memasarkan
hewan untuk aqiqah menggunakan dua media komunikasi, yakni media cetak
dengan cara memasang spanduk dan flayer di sekitaran lokasi rumah Aqiqah AlHafiz.
Media
lainnya
yang
digunakan
adalah
akun
bisnis
media
sosial
Instagram
yang digunakan untuk memasarkan hewan aqiqah. Bentuk komunikasi bisnis yang
dilakukan terdiri dari komunikasi yang sifatnya verbal dan non verbal, dimana isi
pesan yang sifatnya verbal disampaikan melalui media cetak dan media sosial
isinya informasi secara detail mulai dari tata cara pemesanan, kisaran harga dan
lain sebagainya. Sedangkan isi pesan yang sifatnya non verbal berupa gambargambar
yang diposting di media sosial Instagram yang membantu menjelaskan
komunikasi bisnis dan informasi yang diberikan kepada masyarakat |
en_US |