Abstract:
Penelitian ini dilakukan karena kurangnya promosi yang dilakukan pada
produktabungan qurban di KSPPS BMT UB Amanah Laut Dendang. Rumusan masalah
yang diteliti adalah bagaimana sistem promosi tabungan qurban di KSPPS BMT UB
Amanah Laut Dendang. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana sistem
promosi tabungan qurban di KSPPS BMT UB Amanah Laut Dendang.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif yaitu dengan
menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu penelitian lapangan dan
penelitian kepustakaan.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu KSPPS BMT UB Amanah Laut Dendang
melakukan sistem promosi tabungan qurban dengan dua sistem. Pertama, sistem promosi
langsung (direct promotion system) seperti petugas mempromosikan langsung produk
tabungan qurban kepada masyarakat dan menyebarkan brosur yang sudah menyatu
(bundling) dengan produk lainnya, Kedua, sistem promosi tidak langsung (indirect
promotion system) seperti mempromosikan produk tabungan qurban kepada masyarakat
luas melalui iklan di media sosial. Sistem promosi tabungan qurban di KSPPS BMT UB
Amanah Laut Dendang sudah sangat efektif. Hal ini dibuktikan dengan proses
pemasaran produk tabungan qurban dengan biaya terjangkau yang memaksimalkan
seluruh potensi yang ada, dan masyarakat sangat mendukung dan merasa senang dengan
adanya program tabungan qurban di KSPPS BMT UB Amanah Laut Dendang.