dc.description.abstract |
Pengukuran kinerja yang hanya berfokus pada aspek keuangan saja sering
menghilangkan aspek lain yang mana aspek tersebut tidak kalah pentingnya.
Seperti, aspek pelanggan, aspek proses bisnis internal, dan aspek pembelajaran
dan pertumbuhan. Diperlukan suatu alat yang dapat mengukur kinerja dari
berbagai aspek secara komprehensif, berdasarkan kondisi tersebut di atas maka
agar tercapai suatu pengukuran kinerja yang komprehensif diperlukan perluasan
ukuran kinerja. Salah satu alat manajemen kontemporer yang bisa mengukur
kinerja secara berimbang adalah balanced scorecard.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui baik atau lemahnya kinerja
dari perusahaan PT. Fast Food Indonesia Tbk jika diukur dengan menggunakan
metode balanced scorecard. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah desain deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada
penelitian ini yaitu teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
analisis deskriptif yaitu suatu kegiatan untuk menyusun, mengklasifikasikan,
menafsirkan serta menginterprestasikan data sehingga memberikan suatu
gambaran tentang masalah yang dihadapi atau diteliti. Hasil perhitungan balanced
scorecard diketahui bahwa kinerja PT. Fast Food Indonesia Tbk pada tahun 2016,
dan 2018 lebih baik dari tahun 2017 berdasarkan tinjauan dari keempat perspektif
: keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan. |
en_US |