Abstract:
Program studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah kualitas produk, kualitas pelayanan, dan kebutuhan nasabah
berpengaruh terhadap Permintaan Pembiayaan Murabahah pada PT. BPRS
Amanah Insan Cita.
Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data sekunder dengan
menyebarkan kuesioner kepada nasabah pembiayaan PT. BPRS Amanah Insan
Cita dengan total sampel sebanyak 50 responden yang terdiri dari 21 pernyataan.
Uji statistic yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji T, uji F, uji koefisien
determinasi (r2
), dan uji model dengan bantuan program SPSS versi 18.
Dari hasil perhitungan uji parsial kualitas produk dan kualitas pelayanan
tidak berpengaruh signifikan terhadap Permintaan Pembiayaan Murabahah pada
PT. BPRS Amanah Insan Cita. Sedangkan untuk variabel kebutuhan nasabah
berpengaruh signifikan terhadap Permintaan Pembiayaan pada PT. BPRS Amanah
Insan Cita.
Dari hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa, “Ha diterima dan Ho ditolak,
jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dan signifikan variabel kualitas
produk, kualitas pelayanan, dan kebutuhan nasabah secara bersama-sama terhadap
Permintaan Pembiayaan Murabahah pada PT. BPRS Amanah Insan Cita”.
Dari hasil regresi diperoleh koefisien determinasi (R2
) menunjukkan
bahwa model yang dibuat untuk memprediksi pengaruh kualitas produk, kualitas
pelayanan, dan kebutuhan nasabah mampu menjelaskan Permintaan Pembiayaan
Murabahah pada PT. BPRS Amanah Insan Cita yaitu sebesar 15,9%, jadi sisanya
(100% - 15,9% = 84,1%) dipengaruhi oleh variabel yang lain.