Abstract:
Disiplin kerja bagi para pegawai sangat diperlukan, guna menjamin
terciptanya tata tertib dan kelancaran tugas-tugas dalam suatu organisasi. Disiplin
yang baik akan tumbuh dan terpancar dari hasil kesadaran manusia. Disiplin yang
tidak bersumber dari hati nurani manusia akan menghasilkan disiplin yang lemah
dan tidak bertahan lama.
Di Kantor Camat Talawi penerapan disiplin belum sepenuhnya dijalankan
dengan baik oleh pegawai, penerapan disiplin yang belum tertib ini terjadi karena
adanya pengaruh pola budaya pembinaan, pengawasan dan sanksi yang dilakukan
dan dijatuhkan selama ini belum berjalan optimal, yang membuat seorang
pegawai masih menganggap disiplin bukanlah hal penting. Oleh karena itu,
disiplin yang baik mencerminkan besarnya tanggung jawab seseorang terhadap
tugas-tugas yang diberikan kepadanya. Hal ini mendorong gairah kerja, semangat
kerja dan terwujudnya tujuan birokrasi, pegawai, serta masyarakat pada umumya.
Bagaimana Implementasi Kebijakan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun
2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil Dalam Rangka Meningkatkan
Efektivitas Kerja Pegawai Negeri Sipil Di Kantor Camat Talawi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Peraturan
Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegeawai Negeri Sipil Dalam
Rangka Meningkatkan Efektivitas Kerja Pegawai Negeri Sipil di Kantor Camat
Talawi.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan analisis
kualitatif, pengumpulan data melalui wawancara terbuka. Yang menjadi
narasumber dalam penelitian ini adalah Camat Talawi, sekretaris Camat , dan
Pegawai di Kantor Camat Talawi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan
Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri
Sipil Dalam Rangka Meningkatkan Efektivitas Kerja Pegawai Negeri Sipil
Dikantor Camat Talawi belum berjalan dengan baik, hal tersebut disebabkan pula
kurangnya kedisiplinan pegawai dalam melaksanakan kerja. Baik itu dalam
ketepatan waktu serta kehadiran pegawai di Kantor Camat Talawi.