Abstract:
Standar nasional pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem
pendidikan diseluruh wilayah hukum Negara kesatuan republik Indonesia.
Peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 untuk melaksanakan kriteria minimal
pendidikan diseluruh wilayah negara kesatuan republik Indonesia. Adapun yang
menjadi persoalan dalam penelitian ini yaitu belum meratanya mutu pendidikan
dalam Standar Nasional Pendidikan yang berupaya untuk meningkatkan mutu
pendidikan yang seharusnya wajib dipenuhi oleh Sekolah Dasar Negeri 5 Teupah
Tengah Kabupaten Simeulue. Dengan adanya permasalah ini Sekolah Dasar
Negeri 5 Teupah Tengah Kabupaten Simeulue belum mencapai Standar Nasional
Pendidikan seperti Standar Sarana dan prasaran. oleh sebab itu, penulis tertarik
meneliti tentang Implementasi Kebijakan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun
2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan Dalam Rangka Meningkatkan Mutu
Pendidikan Di Sekolah Dasar Negeri 5 Teupah Tengah Kabupaten Simeulue.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Implementasi
Kebijakan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional
Pendidikan Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan. Adapun tujuan dari
Implementasi Kebijakan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang
Standar Nasional Pendidikan ialah untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Adapun metode penelitian mengunkan metode deskriptif dengan analisis
data kualitatif yaitu perosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan
menggambarkan, melukiskan keadaan objek penelitian pada saat sekarang
berdasarkan fakta-fakta yang terlihat atau sebagaimana adanya.
Tingkat keberhasilan dalam pelaksanaan peraturan pemerintah ini sudah
mulai maksimal dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan masih
kurangnya kesadaran wali murid akan penerapan pelaksanaan kebijakan standar
nasional pendidikan yang merupakan kendala yang di hadapi dalam pelaksanan
Kebijakan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional
Pendidikan ialah untuk meningkatkan mutu pendidikan.