Abstract:
Perkembangan perbankan syariah saat ini yang begitu pesat, menyebabkan
industri perkembangan menghadapi lingkungan bisnis yang sangat kompetitif.
Karena itu diperlukan pendekatan-pendekatan untuk mengembangkan pasar
syariah di Indonesia ini. Maka salah satu upaya Bank Syariah dapat menerapkan
pemasaran syariah yang terdiri dari empat karakteristik yaitu Teistis (rabbaniyah),
Etis (akhlaqiyah), Realistis (al-waqiyah), Humanistis (insaniyah), yang
merupakan suatu proses bisnis yang keseluruhan prosesnya menerapkan nilai-nilai
islam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel pemasaran
syariah yang terdiri dari Teistis (rabbaniyah), Etis (akhlaqiyah), Realistis (alwaqiyah), Humanistis (insaniyah), berpengaruh secara simultan maupun parsial
terhadap Kepuasan Nasabah di PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang
Pembantu Medan Marelan Raya.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif yang menggunakan metode
kuesioner/angket. Kuesioner/angket digunakan untuk memperoleh data tentang
karakteristik responden yaitu nasabah dan untuk memperolah data tentang
pengaruh pemasaran syariah terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Syariah
Mandiri Kantor Cabang Pembantu Medan Marelan Raya melalui pernyataan
dalam kuesioner/angket tersebut.