dc.description.abstract |
Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk
simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dalam rangka
meningkatkan taraf hidup masyarakat, sedangkan lembaga penjamin simpanan selain
berfungsi menjamin simpanan nasabah juga turut aktif dalam menjaga stabilitas system
perbankan sesuai kewenangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah
nasabah di PT. BPRS Puduarta Insani tembung mengetahui adanya LPS, Bangaimana
proses sosialisasi tentang LPS yang di lakukan PT. BPRS Puduarta Insani Tembung dan
bagaimana peranan lembaga penjamin simpanan dalam meningkatkan kepercayaan
nasabah terhadap PT. BPRS Puduarta Insani Tembung. Data penelitian ini
dikumpulkan dengan cara wawancara dan daftar pertanyaan (questioner) yang ditujukan
pada staff PT. BPRS Puduarta Insani Tembung. Dari hasil analisis penulis bahawa
peranan lembaga penjamin simpanan(LPS) dalam meningkatkan kepercayaan nasabah
begitu terlihat jelas di PT. BPRS Puduarta Insani Tembung dengan adanya pengakuan
nasabah yang terus berupanya meningkatkan saldo mereka karena tidaknya adanya lagi
kekhawatiran akan adanya likuidasi. Hal ini terlihat jelas dari indicator nasabah yang
meningkat 1004 rekening atau meningkat sebanyak 51,6% pada tahun 2005 dan 2006
setelah diberlakukan LPS, dibandingkan tahun 2004 sebelum LPS di berlakukannya. |
en_US |