Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Analisis Marketing Syariah Dalam
Peningkata Gadai Emas di PT. Bank Syariah Mandiri KC Medan Aksara.
Pesaing antar bank pada saat ini semakin ketat, termasuk di dalamnya perbankan
syariah. Bank-bank bersaing memperebutkan pasa. Pemasaran merupakan proses
yang tidak dapat dipisahkan dari perusahaan, begitu pula dengan perbankan.
Sejalan dengan hal tersebut, masing-masing bank harus menentukan strategi
yang tepat sebagai upaya memenuhi keinginan dan kebutuhan nasabahnya.
Penerapan strategi marketing syariah yang tepat oleh perusahaan bertujuan agar
dapat bertahab diera persaingan.
Produk perbankan syariah pada saat ini masih baru dikalangan
perbankan pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, sehingga diperlukan
strategi pemasaran yang tepat dalam memasarkan produk perbankan syariah
agar dapat menghadapi persaingan. Produk gadai emas syariah sebuah produk
gadai yang masih baru di pasaran. Bank syariah mandiri menetapkan strategi
pemasaran yang tepat untuk memasarkan produk gadai emas syariah agar dapat
dikenal dan diterima oleh masyarakat serta mencari nasabah baru dan
mempertahankan nasabah yang lama.
Hasil penelitian yang dilakukan, menyimpulkan bahwa produk gadai emas
syariah ini adalah produk unggul dan banyak diminati oleh masyarakat serta
strategi pemasaran yang dilakukan oleh bank syariah mandiri dalam
memasarkan produk gadai emas melaluikerja sama dengan para pemilik toko
emas dan para kelompok komunitas. Agar dapat melaksanakan program yang
telah direncanakan.