Abstract:
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui pengaruh
marketing mix terhadap penambahan jumlah nasabah pada PT. Bank Syariah
Mandiri Kcp. Pulo Brayan, (2) Untuk mengetahui variabel manakah yang sangat
berpengaruh dalam marketing mix terhadap penambahan jumlah nasabah pada PT.
Bank Syariah Mandiri Kcp. Pulo Brayan.
Skripsi ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, sampel pada
penelitian ini adalah 40 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data primer dan sekunder, dengan menggunakan teknik analisis data
menggunakan metode regresi linear berganda dengan uji F, uji t, dan koefisien
determinasi (R
2
). Sedangkan untuk pengujian instrumen menggunakan uji
validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan (uji F) bahwa
variabel independen (produk, harga, promosi, dan lokasi) mempunyai pengaruh
yang signifikan terhadap variabel dependen (penambahan jumlah nasabah).
Sedangkan berdasarkan perhitungan uji t, diketahui bahwa secara parsialnya
semua variabel independen (bebas) berpengaruh secara signifikan terhadap
variabel dependen (terikat), tetapi variabel promosi yang paling tinggi
berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (terikat)