dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh islamic branding
terhadap minat menabung mahasiswa di perbankan syariah. Untuk mengetahui
pengaruh religiusitas terhadap minat menabung mahasiswa di perbankan syariah.
Untuk mengetahui pengaruh islamic branding dan religiusitas terhadap minat
menabung mahasiswa di perbankan syariah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan di
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dengan pendekatan kuantitatif,
Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa FAI angkatan 2014-2015.
Sejumlah 647 diambil sebanyak 87 responden. Bentuk pengambilan sampel yang
digunakan yaitu probability sampling dengan teknik pengambilan sampel
stratified random sampling. Sumber data yang di gunakan adalah data primer dan
skunder, teknik pengumpulan data dilakukan dengan quisioner di buat dengan
skala likert.Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah uji asumsi
klasik, regresi berganda, uji t, uji f dan uji determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan uji t variabel islamic
branding memperoleh nilai 848< 1.989 dan nilai sig yaitu 0,399 >
0,05 maka Ha ditolak dan Ho diterima, artinya islamic branding tidak
berpengaruh terhadap minat menabung. Kemudian variabel religiusitas
memperoleh nilai 3.308 > dan nilai sig 0,001 < 0,05 maka Ha
diterima dan Ho ditolak artinya religiusitas berpengaruh secara signifikan
terhadap minat menabung. Sedangkan berdasarkan Uji f dengan nilai
8.118 > 3.95 dengan probabilitas sig sebesar 0,001 < 0,05 maka secara
bersama-sama islamic branding dan religiusitas berpengaruh terhadap minat
menabung |
en_US |