Abstract:
Penelitian ini dibuat karena masyarakat kurang mengetahui strategi
lembaga zakat di Dompet Dhuafa Waspada. Rumusan masalah yang diteliti
adalah Bagaimana Strategi lembaga zakat dalam meningkatkan kepercayaan
muzzaki. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi lembaga zakat dalam
meningkatkan kepercayaan muzzaki di Dompet Dhuafa Waspada.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian perusahan yang mengenai
bagaimana strategi lembaga zakat dalam meningkatkan kepercayaan muzzaki
yang masing-masing siklus mengenai wawancara, dan dokumentasi. Subjek
penelitian ini adalah karyawan Dompet Dhuafa Waspada. Teknik dan
pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar wawancara dan analisis
dokumentasi yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu strategi yang di dapat sesuai dengan
program pemberdayaan yang dilakukan pihak lembaga dalam mengelola dan
menyalurkan dana sesuai program lembaga zakat dan lembaga zakat sudah di
akuin oleh BAZNAS atau memliki payung hukum yang sudah di akunin sesuai
undang-undang nomor 23 tahun 2011. Setelah dilakukan penelitian dapat
disampaikan bahwa strategi lembaga zakat di Dompet Dhuafa Waspada sudah
banyak dipercaya masyarakat karena lembaga berkerja sama dengan harian
waspada