DSpace Repository

Analisis Pendapatan Dan Pemasaran Usaha Kue Telur Gabus Di Kota Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Lubis, Mhd. Angga Pratama
dc.date.accessioned 2020-02-29T08:45:01Z
dc.date.available 2020-02-29T08:45:01Z
dc.date.issued 2019-03-18
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/353
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini antara lain : 1. Untuk mengetahui pendapatan usaha kue telur gabus di Kota Medan. 2. Untuk mengetahui bagaimana kelayakan usaha kue telur gabus di Kota Medan. 3. Untuk mengetahui saluran pemasaran kue telur gabus di Kota Medan. Proses pengumpulan data dilakukan pada bulan Januari 2019. Lokasi penelitian dipilih karena menjadi salah satu usaha yang berkembang di Kota Medan. Responden dalam penelitian ini diperoleh dengan metode nonprobability sampling dengan teknik snowball sampling. Sampel yang digunakan berjumlah 3 orang produsen telur gabus. Untuk menjawab tujuan penelitian yaitu (1) Pendapatan usaha telur gabus; (2) Analisis usaha kue telur gabus dan (3) Saluran pemasaran usaha telur gabus. Pendapatan selama satu bulan usaha telur gabus di Kota Medan yaitu sebesar Rp. 128.184.133. Analisis pendapatan usaha kue telur gabus dilakukan dengan beberapa metode yaitu : (R/C, B/C, BEP). Untuk analisis finansial usaha kue telur gabus diketahui bahwa R/C 1,91 > 1, BEP Harga : 15.110, BEP Produksi : Rp. 3,01 dan BEP Penerimaan : 41.869, sehingga dapat diambil kesimpulan usaha telur gabus di lokasi penelitian dapat memenuhi ukuran kelayakan. Sementara B/C Ratio 0,91 < 1 tidak dapat memenuhi ukuran kelayakan. Saluran pemasaran yang diteliti menghasilkan dua saluran pemasaran, saluran I : Produsen – Konsumen dan saluran II : Produsen – Pedagang Pengecer – Konsumen. Saran yang dapat diajukan antara lain produsen kue telur gabus diharapkan mampu lebih meningkatkan produksi telur gabus agar pendapatan usaha tersebut lebih besar. Kepada pemerintah untuk lebih memperhatikan usaha home industri telur gabus di Kota Medan yang belum memiliki usaha yang besar agar produsen bisa mendapatkan bantuan seperti pinjaman dana maupun diadakannya pelatihan untuk meningkatkan produksi. en_US
dc.subject Analisis Usaha en_US
dc.subject Pemasaran, en_US
dc.subject Telur Gabus. en_US
dc.title Analisis Pendapatan Dan Pemasaran Usaha Kue Telur Gabus Di Kota Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account