DSpace Repository

Efektivitas Pelaksanaan Program Kartu Indonesia Pintar (Kip) Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Smp Negeri1 Tanjung Pura Kabupaten Langkat

Show simple item record

dc.contributor.author Pulungan, Intan Ayuni
dc.date.accessioned 2020-06-13T07:51:27Z
dc.date.available 2020-06-13T07:51:27Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/xmlui/handle/123456789/3470
dc.description.abstract Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) adalah Program Nasional yang bertujuan untuk menghilangkan halangan siswa miskin berpartisipasi untuk bersekolah. Dengan membantu siswa miskin memperoleh akses pelayanan pendidikan yang layak, mencegah putus sekolah, menarik siswa miskin untuk kembali bersekolah, membantu siswa memenuhi kebutuhan dalam kegiatanpembelajaran, mendukung program Wajib Belajar 12 tahun, serta membantu kelancaran program sekolah. Program Kartu Indonesia Pintar dikeluarkan karena rendahnya partisipasi pendidikan khususnya pada kelompok miskin, karena tingginya biaya pendidikan baik langsung maupun tidak langsung. Kebijakan ini berpijak pada Peraturan Presiden (perpres) Nomor 15 Tahun 2010 tentang percepatan penanggulangan kemiskinan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan program Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di SMP Negeri 1 Tanjung Pura Kabupaten Langkat. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif yaitu prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan pengamatan keadaan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang terlihat atau sebagaimana adanya.Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) di SMP Negeri 1 Tanjung Pura Kabupaten Langkat belum berjalan dengan efektif, karena masih banyak siswa yang tidak mendapat Kartu Indonesia Pintar, kurangnya partisipasi bank dalam penyaluran dana membuat pelaksanaan program tidak berjalan tepat waktu, serta lambatnya bank penyalur menyebabkan penyaluran dana Kartu Indonesia Pintar (KIP) terbengkalai. Selain itu strategi pencapaian program Kartu Indonesia Pintar sudah berjalan dengan baik sehingga siswa dapat mengembangkan potensi diri mereka dalam belajar untuk peningkatan kualitas pendidikan. Berdasarkan penganalisa di atas dapat di simpulkan bahwa kesimpulan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan program Kartu Indonesia Pintar yang dilaksanakan pihak sekolah belum berjalan sesuai dengan petunjuk yang diberikan hanya saja yang di berikan pihak penyalur masih kurang dalam hal berpartisipasi dan penyaluran dana dan penggunaan dana bantuannya yang masih berpotensi disalahgunakan en_US
dc.subject Pelaksanaan Program Kartu Indonesia Pintar (Kip) en_US
dc.subject Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Smp Negeri1 Tanjung Pura Kabupaten Langkat en_US
dc.title Efektivitas Pelaksanaan Program Kartu Indonesia Pintar (Kip) Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Smp Negeri1 Tanjung Pura Kabupaten Langkat en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account