Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh program “RRQ
Keliling Kota” terhadap interaksi digital dan sosial komunitas Kingdom Medan.
Program ini merupakan inisiatif tim esports RRQ untuk mendekatkan diri dengan
penggemar melalui kegiatan nonton bareng pertandingan RRQ Hoshi di berbagai
kota. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode
eksplanatif. Teknik purposive sampling diterapkan untuk memilih 50 responden
dari 470 anggota komunitas yang aktif. Data dikumpulkan melalui penyebaran
kuesioner dan observasi lapangan, kemudian dianalisis menggunakan uji regresi
sederhana dan korelasi Pearson.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program RRQ Keliling Kota memiliki
pengaruh signifikan terhadap peningkatan interaksi digital dan sosial komunitas
Kingdom Medan. Nilai korelasi sebesar 0,783 menunjukkan hubungan yang kuat
dan positif antara kedua variabel, sedangkan hasil uji normalitas (p = 0,071 > 0,05)
menandakan data berdistribusi normal. Secara empiris, mayoritas responden
menyatakan bahwa program ini memberikan pengalaman bermakna, mempererat
rasa kebersamaan, dan meningkatkan partisipasi aktif, baik dalam ruang digital
maupun tatap muka. Temuan ini menegaskan bahwa program RRQ Keliling Kota
tidak hanya menjadi wadah hiburan, tetapi juga sarana strategis dalam memperkuat
solidaritas sosial dan membangun konektivitas digital komunitas esports lokal.