Abstract:
Studi ini menyelidiki tata kelola teknologi informasi (TI) pada domain
Pengiriman, Layanan, dan Dukungan (DSS) PT. Indonesia Gadai Oke
menggunakan framework COBIT 5. Hasilnya menunjukkan bahwa keadaan DSS
memiliki kemampuan yang lebih baik daripada sebelumnya.
Tingkat 3 (Established Process), dengan skor 2,9, sejajar dengan tingkat
ekspektasi (3.4), tetapi masih ada perbedaan skor yang perlu diperbaiki untuk
mencapai titik optimal Tingkat 3. Peningkatan ini mencakup pengawasan tugas,
tanggung jawab, dan kinerja operasional agar sesuai dengan dokumen terkait dan
prosedur operasional standar (SOP). Perusahaan menghadapi masalah seperti
jadwal pemeliharaan dan staf yang terbatas.
hardware dan software belum diperbarui seiring bertambahnya fasilitas TI
dan basis pengetahuan operasional yang kurang lengkap. Oleh karena itu,
disarankan agar staf lebih mampu melaporkan kinerja sistem dan proaktif
membaharui jadwal pemeliharaan untuk memastikan cakupan seluruh aset TI untuk
mencapai proses operasional yang prediktif dan optimal.