Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal
guru dalam mencegah perilaku agresif di Sekolah Azzakiyah Islamic Leadership
Medan. Fokus utama penelitian adalah untuk menganalisis peran guru dalam
membangun komunikasi yang efektif guna menciptakan lingkungan belajar yang
aman dan kondusif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal
guru yang mencakup unsur keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif,
dan kesetaraan mampu mencegah munculnya perilaku agresif. Guru yang
berperan aktif sebagai mediator dalam konflik antar siswa mampu meredam
potensi agresivitas secara efektif. Temuan ini menunjukkan pentingnya
peningkatan kompetensi komunikasi interpersonal guru sebagai strategi
pencegahan perilaku menyimpang di lingkungan sekolah. Penelitian ini
diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas
pendidikan dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih aman dan kondusif.
Dengan demikian, penelitian ini dapat menjadi acuan untuk meningkatkan
kemampuan guru dalam berkomunikasi dengan siswa dan menciptakan
lingkungan belajar yang lebih positif dan produktif. Selain itu, penelitian ini juga
dapat membantu meningkatkan kesadaran guru akan pentingnya komunikasi
interpersonal dalam mencegah perilaku agresif di sekolah. Penelitian ini juga
diharapkan dapat memberikan manfaat bagi sekolah dan masyarakat dalam
meningkatkan kualitas pendidikan dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih
baik.