Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis secaea deskriptif perkembangan
Pasar Ketenagakerjaan di Indonesia yang dilihat dari Rata-rata Lama
Sekolah,Tingkat Pengangguran Terbuka, dan Angka Partisipasi Kasar dan untuk
mengestimasi pengaruh Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT), Rata-rata Lama
Sekolah, dan Angka partisipasi Kasar (APK) terhadap pertumbuhanekonomi di
Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, yaitu
dimana bertujuan unutk mengestimasi dan menganalisis hubungan antar variabel
yang telah ditentukan unutk menjawab rumusan masalah dengan menggunakan
kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data
sekunder yang di peroleh dari Badan Pusat Statistika. Berdasarkan hasil pengujian
regresi, secara parsial variabel Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dan Rata
Rata Lama Sekolah (RLS) tidak berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan
Ekonomi (PE) karena masing-masing memiliki nilai signifikansi di atas 0,05,
yaitu 0,62 dan 0,116. Sebaliknya, variabel APK SD memiliki pengaruh signifikan
negatif terhadap PE dengan nilai signifikansi 0,005 (< 0,05), yang berarti
peningkatan APK SD justru cenderung menurunkan PE dalam model ini. Untuk
APK SMP dan APK SMA, meskipun nilai signifikansi menunjukkan angka <
0,05, nilai t-hitung keduanya relatif kecil, yaitu -0,526 dan -0,318, sehingga
interpretasinya masih memerlukan klarifikasi data lebih lanjut untuk memastikan
validitas pengaruhnya. Namun secara simultan, kelima variabel bebas (TPT, RLS,
APK SD, APK SMP, dan APK SMA) berpengaruh signifikan terhadap
Pertumbuhan Ekonomi dengan nilai F-hitung sebesar 33,973 > F-tabel 3,28 dan
signifikansi 0,000, sehingga H1 ditolak dan Hₐ diterima pada tingkat kepercayaan
95%.