Abstract:
UMKM Jaya Baru merupakan salah satu usaha mikro yang bergerak di bidang
penjualan produk kebutuhan rumah tangga, yang menghadapi tantangan dalam
menentukan strategi pemasaran yang tepat dan efisien. Penelitian ini bertujuan
untuk membantu UMKM Jaya Baru dalam menentukan strategi pemasaran yang
efektif dengan menggunakan metode Technique for Order Preference by Similarity
to Ideal Solution (TOPSIS). Metode TOPSIS dipilih karena memiliki pendekatan
kuantitatif yang sistematis dan mampu memberikan hasil yang objektif berdasarkan
kedekatan alternatif terhadap solusi ideal. Penelitian ini menggunakan data primer
melalui wawancara kepada pemilik UMKM, dan data sekunder dari dokumentasi
penjualan. Kriteria penilaian strategi pemasaran meliputi harga, kualitas produk,
promosi dan distribusi. Hasil dari pengolahan data menggunakan algoritma
TOPSIS menunjukkan bahwa menentukan strategi pemasaran dengan algoritma
TOPSIS untuk penjualan produk menempati peringkat tertinggi sebagai alternatif
paling ideal. Dengan adanya metode TOPSIS ini diharapkan hasil jauh lebih
optimal dan memberi kemudahan bagi pemilik UMKM dalam menentukan strategi
pemasaran yang paling efektif. Penelitian bertujuan untuk membantu dan
mempermudah dalam menentukan strategi pemasaran di UMKM Jaya Baru
sehingga menghasilkan perangkingan atau hasil akhir pemilihan strategi pemasaran
yang bernilai paling tinggi yang lebih akurat.