| dc.description.abstract |
Iklan layanan masyarakat (ILM) saat ini semakin berkembang, baik di media
massa maupun media sosial, dengan desain visual yang kreatif dan menarik.
Perusahaan dapat menggunakan baerbagai platfrom sebagai sarana promosi
seperti youtube, websait, dan lainnya. Iklan juga merupakan bagian dari
komunikasi media massa bersifat audio visual dan bertujuan untuk
menyampaikan pesan sosial atau moral tertentu kepada penontonnya. Tujuan
penelitian Untuk mengetahui bagaimana makna dan pesan dalam iklan layanan
masyarakat “Andika, awas nanti dicium kereta” pada akun youtube BTP
Medan. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, analisis semiotika
Roland Barthes, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi,
dokumentasi, studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa elemen
visual dalm iklan menyampaikan pesan keselamatan di perlintasan kereta api.
Makna denotasi, konotasi, dan mitos dalam setiap adegan diuraikan untuk
mengungkap Bagai mana ikalan ini membangun kesadaran masyarakat akan
pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas. Hal ini menunjukkan bahwa iklan
tidak hanya berfungsi sebagai peringatan, tetapi juga sebagai pengingat akan
tanggung jawab sosial setiap individu. Iklan ini juga mencerminkan upaya
pemerintah dan lembaga terkait dalam meningkatkan kesadaran akan
keselamatan lalu lintas. |
en_US |