Abstract:
Pembelian Konsumen Pada Umkm
Mustafa Perkasa Baru” yang di bimbing oleh Bapak Reyza Suwanto Sitorus, S,P.,
M,P. yang bertujuan untuk Menganalisis Pengaruh Kualitas Produk dan harga
Terhadap Keputusan Konsumen Pada UMKM Kerupuk Ikan Tamban Mustafa
Perkasa Baru. Penelitian ini berlokasi di Kelurahan Labuhan Ruku Kecamatan
Talawi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 30
responden dan pengumpulan data melalui kuesioner. Analisis dilakukan
menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t,
dan uji F dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian,
sedangkan harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Secara simultan, kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian konsumen, dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar
0,205, yang berarti kedua variabel tersebut menjelaskan 20,5% variasi keputusan
pembelian, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Peneliti menyarankan
agar pelaku UMKM terus menjaga kualitas produk dan menyesuaikan harga dengan
daya beli konsumen untuk meningkatkan minat beli serta daya saing produk di
pasar.