| dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Rekrutmen dan
Seleksi, Motivasi Kerja, dan Kualitas SDM terhadap Mutu Layanan di Bank
Syariah Indonesia Area Kota Medan, serta peran mediasi Kualitas SDM dalam
hubungan antara Rekrutmen dan Seleksi serta Motivasi Kerja terhadap Mutu
Layanan. Sampel penelitian berjumlah 14 responden yang diambil menggunakan
teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis
menggunakan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara
simultan rekrutmen dan seleksi, motivasi kerja, serta kualitas SDM berpengaruh
signifikan terhadap mutu layanan, yang ditunjukkan oleh nilai uji F dengan
signifikansi 0,002 < 0,05. Nilai koefisien determinasi (Adjusted R²) sebesar 0,675
atau 67,5%, yang berarti variabel bebas mampu menjelaskan variasi mutu layanan
sebesar 67,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain di luar penelitian ini.
Secara parsial, rekrutmen dan seleksi berpengaruh signifikan terhadap kualitas
SDM (p = 0,028 < 0,05), sedangkan motivasi kerja tidak berpengaruh signifikan
(p = 0,255 > 0,05). Selanjutnya, kualitas SDM tidak berpengaruh signifikan
terhadap mutu layanan (p = 0,402 > 0,05), sehingga peran mediasi kualitas SDM
tidak terbukti dalam penelitian ini. |
en_US |