Abstract:
Penelitian ini membahas tentang implementasi metode Fuzzy Time Series untuk
memprediksi permintaan produk Coca Cola di Bukit Sinar Mart. Latar belakang
penelitian ini berangkat dari permasalahan fluktuasi permintaan produk yang
menyebabkan ketidakpastian dalam manajemen stok, sehingga sering terjadi
overstock maupun stockout. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, metode
Fuzzy Time Series dipilih karena mampu menanganiketidakpastian data historis
penjualan serta menghasilkan prediksi yang lebih akurat dibandingkan metode
konvensional.Penelitian ini menggunakan data permintaan Coca Cola selama 2
tahun terakhir di Bukit Sinar Mart. Proses penelitian meliputi pengumpulan data,
fuzzifikasi, pembentukan relasi fuzzy (Fuzzy Logical Relationship/FLR),
pembentukan kelompok relasi (Fuzzy Logical Relationship Group/FLRG), hingga
tahap defuzzifikasi untuk menghasilkan prediksi numerik. Sistem prediksi
kemudian diimplementasikan dalam bentuk aplikasi berbasis web dengan PHP dan
MySQL, sehingga dapat digunakan secara langsung oleh pihak Bukit Sinar
Mart.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Fuzzy Time Series mampu
memberikan hasil prediksi yang mendekati data aktual dengan tingkat akurasi yang
baik. Prediksi untuk periode September 2025 menghasilkan estimasi permintaan
sebesar11.569 pcs. Implementasi aplikasi prediksi ini membantu pihak Bukit Sinar
Mart dalam merencanakan persediaan secara lebih efisien, mengurangi risiko
kerugian, serta meningkatkan kepuasan pelanggan.