Abstract:
Manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat terlepas dari komunikasi, termasuk
dalam lingkungan organisasi pemerintahan. Di Kantor Camat Medan Timur,
komunikasi organisasi yang efektif menjadi kunci utama dalam mengoptimalkan
kinerja pegawai. Permasalah yang dibahas dalam penelitian adalah bagaimana
penerapan komunikasi organisasi dalam mengoptimalkan kinerja pegawai kantor
camat Medan Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
bentuk penerapan komunikasi organisasi dalam mengoptimalkan kinerja pegawai
kantor camat Medan Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan dan menjelaskan
permasalahan yang di teliti. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa arus
komunikasi organisasi memegang peranan penting dalam mendukung tercapainya
tujuan kerja dan pelayanan publik yang optimal di lingkungan Kantor Camat
Medan Timur. Bentuk komunikasi organisasi di kantor camat Medan Timur ini
dapat dikategorikan menjadi komunikasi vertikal, horizontal, dan diagonal. Ketiga
bentuk komunikasi organisasi tersebut saling mengisi dan membentuk jaringan
komunikasi yang dinamis di lingkungan Kantor Camat Medan Timur.