Research Repository

EDUKASI PROGRAM GADGET SEHAT PADA SISWA AL-ULUM TERPADU MEDAN DALAM PENGGUNAAN AKUN MEDIA SOSIAL

Show simple item record

dc.contributor.author MUHAJIR, MHD FAKHRI
dc.date.accessioned 2025-11-01T04:04:37Z
dc.date.available 2025-11-01T04:04:37Z
dc.date.issued 2025-08-28
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29683
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanaan serta dampak program edukasi gadget sehat pada siswa SMA Al-Ulum Terpadu Medan, khususnya terkait penggunaan akun media sosial, dengan fokus pada aplikasi TikTok. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam terhadap lima orang siswa SMA Al-Ulum Medan, observasi dan dokumentasi. Dalam era digital saat ini, penggunaan media sosial, terutama TikTok, telah menjadi bagian integral dari kehidupan remaja. Penelitian ini menemukan bahwa siswa menyadari potensi positif TikTok sebagai sumber informasi, namun juga menghadapi tantangan dalam manajemen waktu dan dampak negatif dari penggunaan yang berlebihan. Melalui wawancara dengan siswa, terungkap bahwa mereka memiliki pemahaman yang baik tentang pentingnya edukasi gadget sehat, termasuk manajemen waktu, keamanan data, dan identifikasi hoaks. Meskipun lingkungan sekolah sudah mendukung, siswa berharap adanya peningkatan dalam implementasi program edukasi agar lebih efektif. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa program edukasi gadget sehat di SMA Al-Ulum Terpadu Medan memiliki peran penting dalam membentuk kesadaran siswa akan penggunaan media sosial yang bijak. Oleh karena itu, disarankan untuk mengintensifkan dan memvariasikan program edukasi guna mencapai perilaku digital yang lebih sehat dan bertanggung jawab. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Edukasi Program Gadget Sehat en_US
dc.subject Media Sosial en_US
dc.title EDUKASI PROGRAM GADGET SEHAT PADA SISWA AL-ULUM TERPADU MEDAN DALAM PENGGUNAAN AKUN MEDIA SOSIAL en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account