| dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanaan serta
dampak program edukasi gadget sehat pada siswa SMA Al-Ulum Terpadu Medan,
khususnya terkait penggunaan akun media sosial, dengan fokus pada aplikasi
TikTok. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan
data melalui wawancara mendalam terhadap lima orang siswa SMA Al-Ulum
Medan, observasi dan dokumentasi. Dalam era digital saat ini, penggunaan media
sosial, terutama TikTok, telah menjadi bagian integral dari kehidupan remaja.
Penelitian ini menemukan bahwa siswa menyadari potensi positif TikTok sebagai
sumber informasi, namun juga menghadapi tantangan dalam manajemen waktu dan
dampak negatif dari penggunaan yang berlebihan. Melalui wawancara dengan
siswa, terungkap bahwa mereka memiliki pemahaman yang baik tentang
pentingnya edukasi gadget sehat, termasuk manajemen waktu, keamanan data, dan
identifikasi hoaks. Meskipun lingkungan sekolah sudah mendukung, siswa
berharap adanya peningkatan dalam implementasi program edukasi agar lebih
efektif. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa program edukasi
gadget sehat di SMA Al-Ulum Terpadu Medan memiliki peran penting dalam
membentuk kesadaran siswa akan penggunaan media sosial yang bijak. Oleh karena
itu, disarankan untuk mengintensifkan dan memvariasikan program edukasi guna
mencapai perilaku digital yang lebih sehat dan bertanggung jawab. |
en_US |