Abstract:
Fenomena masalah yang dihadapi oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis 
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) berkaitan dengan perilaku 
keuangan yang kurang baik, meskipun mereka memiliki pendapatan dari pekerjaan. 
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pembelajaran akuntansi, literasi 
keuangan, dan pendapatan terhadap perilaku keuangan mahasiswa. Metode 
penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis data 
menggunakan teknik Partial Least Square - Structural Equation Modeling (PLS
SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran akuntansi memiliki 
pengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan mahasiswa. Literasi keuangan, 
memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan mahasiswa. Hasil 
penelitian menunjukkan bahwa pendapatan memiliki pengaruh signifikan terhadap 
perilaku keuangan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran 
akuntansi, literasi keuangan, dan pendapatan memiliki pengaruh signifikan 
terhadap perilaku keuangan mahasiswa.  
Penelitian ini diharapkan dapat 
memberikan kontribusi dalam pengembangan program pendidikan keuangan yang 
lebih efektif di kalangan mahasiswa.