Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh ketersediaan label halal
secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk HNI-HPAI
di Kecamatan Medan Sunggal, (2) Mengetahui pengaruh kualitas informasi secara
parsial terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk HNI-HPAI di
Kecamatan Medan Sunggal, (3) mengetahui pengaruh ketersediaan label halal dan
kualitas informasi produk secara simultan terhadap keputusan pembelian
konsumen pada produk HNI-HPAI di Kecamatan Medan Sunggal. Lokasi
penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan, Provinsi
Sumatera Utara. Metode penelitian ini adalah kuatitaatif, dengan bantuan software
SPSS 30. Berdasarkan kuesioner yang disebarkan kepada responden sebanyak 44
menunjukkan bahwa ketersediaan Label halal memiliki berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 33,0%, kemudian kualitas
informasi produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar
30,2%, sedangkan secara simultan ketersedian label halal dan kualitas informasi
produk terhadap keputusan pembelian konsumen berpengaruh signifikan dengan
kontibusi sebesar 79,3%, sedangkan sisanya 21,7% terdapat dari variabel lain
diluar penelitian ini seperti, harga, pelayanan, citra merek dan lain sebagainya.